MANFAAT IKAN CERUTU SIRIP PUTIH

Manfaat Ikan Cerutu Sirip Putih
===========================





 Ikan cerutu sirip putih merupakan salah satu jenis ikan air tawar,yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel  nama ilmiahnya biasa disebut dengan Anantomus anostomus dan dalam dunia perdagangan biasa dikenal dengan Stiped headstander. Ikan ini bisa diolah menjadi hidangan lezat, selain itu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya dalam pertumbuhan tulang Anda.

Ikan cerutu sirip putih ini mengandung gizi tinggi, serta terdapat vitamin A, D, E dan K yang membatu mencukupi kebutuhan asupan tubuh. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat dari ikan cerutu sirip putih untuk kesehatan:


1. Mengandung Kalsium

Kandungan kalsium yang terdapat pada ikan cerutu sirip putih sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi serta mencegah terjadinya osteoporosis Dengan mengonsumsinya secara teratur dapat terhindar dari pengeroposan dan mudah patah. Sangat baik untuk masa pertumbuhan dan juga lansia.
2. Mengandung Vitamin B Kompleks

Meskipun kandungan vitamin B komplekspada ikan cerutu sirip putih tergolong kecil, tetapi dapat memberi manfaat untuk tubuh. Diantaranya yaitu berperan membantu proses oksidasi, memberikan dan memproses energi yang masuk dalam tubuh seta meningkatkan stamina. Oleh karena itu anda perlu mengonsumsinya.
3. Sumber Mineral

Ikan cerutu sirip putih didalamnya merupakan kaya berbagai mineral penting yang esensial bagi tubuh. Bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Selain itu juga berkhasiat memicu kerja otot dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.
4. Mencegah Obesitas

Mengonsumsi ikan cerutu sirip putih secara rutin dapat mencegah obesitas, karena dagingnya termasuk rendah lemak. Selain itu kandungan protein yang tergolong tinggi dapat membuat kenyang sehingga jika anda tidak akan makan secara berlebihan yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan.
5. Mencegah Stroke

Salah satu penyebab stroke yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otak. Mengonsumsi ikan cerutu sirip putih minimal dua kali setiap minggu, dapat menurunkan 25% resiko terkena penyakit tersebut daripada yang hanya mengkonsumsi satu kali dalam sebulan.
6. Mengandung Omega 3

Kandungan omega 3 pada ikan cerutu sirip putih dapat menghambat enzim proinflammatory yang disebut cyclooxygenase 2 yang merupakan enzim pendukung terjadinya kanker payudara. Selain itu juga bermanfaat dapat memperbaiki DNA. Maka dari itu rutinlah makan ikan cerutu sirip putih.
7. Mencegah Sakit Maag

Makan ikan cerutu sirip putih setiap hari dapat bermanfaat mencegah sakit maag, lambung jadi tidak luka maupun terkikis, sebab terisi secara teratur. Maka dari itu anda perlu mengonsumsinya minimal tiga kali dalam satu minggu.
8. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Asupan nutrisi dan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan cerutu sirip putih ternyata juga mempunyai manfaat penting untuk proses tumbuh kembang sel-sel saraf, dan otak, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan, terutama pada anak-anak yang sedang mengalami proses pertumbuhan.
9. Mengandung Zat Besi

Zat besi yang terkandung pada ikan cerutu sirip putih berkhasiat mencegah anemia, karena dengan mengonsumsinya kebutuhan asupan yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi. Jadi anda tidak akan kurang darah, maupun sering pusing, lemas, lesu dan sebagainya.
10. Menjaga Kesehatan Mata

Mempunyai mata sehat merupakan anugerah dari tuhan. Sangatlah penting untuk menjalani kehidupan sehari – hari. Maka harus kita jaga dengan semaksimal mungkin. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi ikan cerutu sirip putih sebagai pelengkap makan nasi.

Komentar